Menangani pompa air pesat panas lalu mati dan hidup ulang selang sebagian ketika

Kerusakan yang terjadi kepada pompa air yang saat panas mati dan selang sebagian ketika dapat hidup ulang sebetulnya dapat terjadi, apa lagi keadaan pompa air yang telah lama digunakan atau bahkan juga kualitas yang dipunyai pompa air tidak begitu bagus. Ingat beberapa orang dalam beli pompa air cuma terdiam pada harga murahnya saja dan tidak lihat spesifikasi pun dampak kepanjangan bila dipakai selalu menerus pompa airnya.

Faktor yang jadi kerusakan mesin pompa air yang mati bila panas dan akan hidup ulang bila telah dingin keadaan dinamonya begitu berbagai di antara berbeda layaknya, usia penggunaan pompa air yang telah kelamaan, kualitas pompa air yang tidak begitu bagus, pompa air yang putarannya macet, dan pun dapat lantaran lantaran kepada pipa hisapnya terjadi sumbatan pasir bahkan juga dapat lumpur.

Untuk menangani pompa air pesat panas dan hidup ulang selang sebagian ketika sebetulnya tidak begitu susah beberapa besar sebetulnya lantaran oleh fakktor luar dan tidak dari mesin pompa airnya. Saat sebelum mengulas paling lanjut berkaitan bagaimana cara menangani pompa air pesat panas lalu mati dan hidup ulang selang sebagian ketika, akan paling baik bila kita ulas dahulu beberapa pemicunya biar paling memahami berkaitan kerusakan itu.

Pemicu kerusakan pompa air pesat panas lalu mati dan selang sebagian ketika hidup ulang

1. Mesin pompa air yang macet dinamonya
2. Usia penggunan pompa air yang telah kelamaan
3. Ada sumbatan kepada pipa hisabnya berbentuk pasir atau lumpur
4. Dynamo pompa air yang overheat
5. Tegangan listrik yang tidak konstan menyebabkan performa mesin pompa air yang tidak optimal

Cara menangani pompa air pesat panas mati dan hidup ulang selang sebagian ketika

Pengujian kepada rotor mesin pompa air

Bila mesin pmpa air alami problem pesat panas dan mati selanjutnya hidup lagi selang sebagian ketika dapat lantaran lantaran perputaran rotor yang macet kepada bearingnya. Maka untuk cara pembaruannya dengan membedah mesin pompa airnya dahulu lalu langsung saja ke bidang rotor nya pengujian kepada bearing. Umumnya lantaran lantaran macet atau sebetulnya telah hancur bearingnya.

Saat sebelum melakukan pergantian bearing alangkah sebaiknya mencoba untuk perbaikinya dengan bersihkan dengan semprot WD atau dapat pun memakai bensin lalu putar putar hingga perputaran bearing lancer, berikutnya beri pelumas bearing berbentuk grease yang berwujud pasta

Pengujian kepada tegangan listrik yang masuk ke pompa air

Kasus yang remeh ini sebetulnya kerap kali terjadi dan pun belum banyak yang mengetahui. Lantaran kepada beberapa orang bila pompa air memiliki masalah cuma tertuju ke mesin pompa airnya saja.

Bila dalam pengukur tegangan listrik yang baiknya listrik bertegangan 220v cuma teukur di bawah 220v atau justru di bawah 200v maka yang akan punya pengaruh merupakan gulungan dynamo mesin pompa air pesat panas bila dipaksa mesin pompa air akan mati dengan cara datang – datang dan akan berpijar selang sebagian detik.

Untuk solusi melakukan perbaikan mesin pompa air tegangan listrik yang masuk turun dapat ditangani dengan memakai alat berbentuk stabilizer maka tegangan yang masuk kepada pompa air konstan di angka 220v.

Pengujian kepada komonen yang berada di pompa air

Bila terjadi mesin pompa air mati dengan cara tau-tau maka yang perlu dikerjakan pengcekan merupakan elemen dan pun ikatan dalam mesin pompa air. Elemen yang perlu dikerjakan pengujian merupakan elemen kapasitor yang umum berukur 8 – 10uf 450v. dapat saja elemen kapasitor telah kurang kuat.

Untuk cara pengujian elemen kapasitor dengan memakai multitester atau pun dilihat dengen listrik dengan cara langsung dicolokan ke stopkontak. Bila telah di colokan ke setop contact lalu cabut dan mencoba shortkan atau dapat dilihat tegangan kapasitor dengan multitester bila ada recikan api dan kalu dilihat dengan multitester tegangan ada maka kapasitor masih kondisi normal. Kebalikannya bila tidak simpan tegangan maka kapasitor telah kurang kuat perlu ditukar dengan yang baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published.