Menangani pompa air berdesing dan tidak berputar-putar

Satu diantara kerusakan pompa air yang kerap kali terjadi merupakan kerusakan pompa air berdesing dan tidak berputar-putar. Kerusakan pompa air yang cuma berdesing dan tidak berputar-putar mempunyai banyak faktor pemicunya, untuk faktor pemicunya dapat lantaran lantaran kerusakan elemen kapasitor, gulungan dynamo pompa air yang konslet bahkan juga terbakar, dan pun dapat datang dari faktor umur penggunaan pompa air yang kelamaan.

Tetapi untuk melakukan perbaikan kerusakan pompa air yang berdesing dan tidak dapat berputar-putar mesti dijumpai dahulu bagaimana spesifikasi dari pompa airnya dahulu. Mesin pompa air yang umum dipakai untuk sumur memakai tipe mesin pompa air celupkan. Bila memakai sumur bor maka mesin pomp airnya memakai pompa air submersible. Mesin pompa air yang umum digunkaan untuk sumur tanah ada pun yang menggunkan pompa air automatis, maka bila terjadi kerusakan pompa air berdesing dan tidak dapat berputar-putar tidak boleh buru – buru memfonis kerusakan kepada pompa air nya. Dapat pun kerusakan datang dari kerusakan sistem otomatisnya.

Berikut akan saya bagi sebagian pemicu yang terjadi saat mesin pompa air alami kerusakan berdesing dan tidak dapat berputar-putar dengan cara komplit dan pun mengambil sumber dari pengelaman yang sempat terjadi.

Pemicu kerusakan mesin pompa air berdesing dan tidak dapat berputar-putar

1. Tengangan listrik yang masuk ke pompa air alami turun

2. Kerusakan karena faktor umur penggunaan

3. Kerusakan kepada elemen kapasitornya

4. Gulungan kawat e-mail pompa air yang konslet atau terbakar

5. Terjadi penyumbatan kepada bidang sistem hisapnya terlebih kepada pipa hisapnya

6. Kerusakan kepada elemen bearing yang macet

Cara melakukan perbaikan pompa air berdesing dan tidak dapat berputar-putar

Kerusakan karena tegangan listrik yang turun

Kerusakan kepada tegangan listrik yang turun dapat terjadi dan pun mengkibatkan pompa air jadi berdesing dan tidak dapat berputar-putar bidang dinamonya. Kalaulah dapat berputar-putar pompa air cuma berputar-putar begitu perlahan sekali. Maka bila tegangan istrik kepada rumah kita turun maka yang mesti dibenahi merupakan listrik nya bukan kepada pompa air.

Untuk pengujian bila tegangan listrik turun dapat dilihat memakai alat multitester, dengen memeriksa kepada rasio V AC. Kelak akan ada berapakah hasil pengukuranannya, tegangan listrik yang normal diangka 220v, bila ketika pengujian voltase listrik kurang dari 220v maka kerja dari pompa air akan memiliki masalah.

menangani tegangan listrik rumah kita yang turun dapat memnggil petugas pln untuk menanganinya, disamping itu untuk solusi berbeda dapat memakai alat stabilizer biar listrik yang masuk ke pompa air dapat konstan. Ingat alat stabilizer ini berperan jadi penstabil bila terjadi tegangan yang turun bahkan juga bila tegangan over.

Kerusakan karena elemen kapasitor yang kurang kuat

Yang lebih biasa dari kerusakan pompa air berdesing dan tidak dapat berputar-putar merupakan kerusakan kepada kapasitornya telah kurang kuat. Lantaran kapasitor yang telah kurang kuat akan menimbulkan pompa air tidak dapat berpijar lantaran kapasitor tidak dapat simpan tegangan lagi ke dynamo pompa air yang hasilnya akan terjadi berdesing saja.

Untuk cara melakukan perbaikan lumayan gampang sekali dengan langsung menukar kapasitor. Jadi tambahan bila mau menukar kapasitor yang baru maka ukuran kapasior mesti sama juga dengan yang lama. Kalaulah di toko sperpart electronic tidak ada yang penting ukuran micronya sama, ukuran voltasenya dapat dikasih paling besar dari ukuran sebetulnya. Untuk ukuran kapasitor pompa air yang umum digunakan sekitar ukuran 7uf – 10uf 450v.

Bidang bearing dynamo pompa air macet

Kerusakan bearing dynamo pompa air yang macet dapat terjadi karena umur penggunaan pompa air yang telah kelamaan. Hingga dapat menyebabkan bearing macet atau karatan. Untuk memeriksa bidang bearing pompa air mesti membedah kasing bidang sebelahnya terutama dulu, lalu mencoba putar bearingnya dengan tangan bila geret atau macet dapat ditangani dengan memakai semprot WD.

Beri semprot WD atau dapat memakai bensin untuk melakukan perbaikan bearing yang mecet sambil diputar – putar bearingnya hingga perputaran bearing lancer. Bila bearing telah lancer lalu membersihkan berikutnya dikasih pelumas berbentuk grease yang berwujud pasta untuk menahan berlangsungnya bearing macet lagi. namun bila tidak mau ribet – ribet melakukan perbaikan bearing dapat pun ditukar dengan bearing yang baru pas model bearing itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.