Cara menangani mesin pompa air perputaran lamban

Problem kerusakan yang umum dirasakan oleh mesin pompa air sebetulnya berbagai. Satu diantara yang akan kita ulas merupakan kerusakan mesin pompa air yang putarannya lamban. Yang lebih gampang untuk diterka pemicu dari mesin pompa air yang putarannya lamban merupakan faktor usia pamakaian sanyo yang telah lama dapat menyababkan putarannya kurang kuat.
Kemungkinan telah bayanyak yang tahu mengapa mesin pompa air putarannya lamban, tetapi kasus seperti ini ada saat yang belum tahu pemicu dan cara menanganinya. Nach di posting kali ini akan saya bagi komplit sebagian pemicu dan cara menangani mesin pompa air yang putarannya lamban.

Sebagian pemicu mesin pompa air putarannya lamban

1. Faktor usia penggunaan mesin pompa air yang telah lama
2. Terjadi kerusakan kepada elemen kapasitornya
3. Mesin pompa air telah alami 1/2 konslet
4. Bidang rotor mesin pompa air yang telah karatan
5. Bearing mesin pompa air yang macet maupun aus
6. Sumber listrik yang masuk ke mesin pompa air tidak konstan

Bila dianalisa dengan cara keseluruhnya, sebetulnya kerusakan mesin pompa air yang putaranya lamban terjadi karena keadaan fisik dari mesin pompa air yang buruk dar sebagian elemen didalamnya. Layaknya elemen bearing, belitan gulungan mesin pompa air, elemen kapasitor dan lain-lain. Langsung saja kita lanjut ke ulasan bagaimana cara menangani mesin pompa air perputaran lamban, berikut baca di posting di bawah ini.

Cara menangani mesin pompa air yang putarannya lamban

Mengecek keadaan fisik dari mesin pompa air

Langkah yang lebih awalnya ketika tangani kerusakan mesin pompa air yang putarannya lamban merupakan dengan memeriksa keadaan fisik mesin pompa air dahulu. Dapat maka ada elemen mesin pompa air yang keadaannya karatan, hingga menimbulkan perputaran dari mesin pompa air lamban atau justru tidak berputar-putar sama sekalipun. Untuk cara pembaruannya merupakan dengan bersihkan debu dan karat di mesin pompa air, pun membedahnya dengan melakukan pengujian elemen bearingnya dengan bersihkan dengan semprot WD pun memberi pelumas berbentuk grease.

Pengujian kepada elemen kapasitor

Dalam mesin pompa air ada suatu elemen yang namanya kapasitor. Elemen kapasitor ini berperan untuk memantapkan tegangan kepada mesin pompa air kepada ketika melakukan start maupun ketika telah running. Ukuran elemen kapasitor kepada mesin pompa air umumnya sekitar di antara 7uf 450v – 10uf 450v.
Untuk tahu elemen kapasitor yang keadaan hancur atau mungkin tidak dapat dikerjakan memakai pengujian dengan alat multitester, pengujian dengan listrik langsung dan pengujian keadaan fisiknya. Untuk penecekan dengan memakai multitester adalah tinggal menyambungkan pin kapasitor dengan probe multitester kepada rasio uf. Berikutnya untuk pengujian dengan listrik langsung dengan cara menclokan langsung ke stopkontak, bila kapasitor masih simpan tegangan listrik maka kapasitor masih pada keadaan bagus.

Yang paling akhir dengan melakukan pengujian dengan cara fisik kepada kapasitornya, bila ada kapasitor dengan keadaan fisik yang kembung maka dapat ditegaskan kapasitor kondisi hancur. Untuk pergantian elemen kapasitor untuk ukuran micronya mesti disetarakan dengan yang aslinya, tetapi untuk ukuran voltasenya dapat diatasnya.

Pengujian kepada gulungan mesin pompa air

Pengeceka gulungan kepada mesin pompa air dapat dilihat dengan cara fisik ataupun dengan memakai alat multitester. Untuk pengujian memakai alat multitester adalah dengan memeriksa kepada pin terminal mesin pompa air dengan memakai rasio ohm, bila keadaan mutitester menyambung maka mesin pompa air tidak hancur tetapi bila jarum multitester kepada ketika pengujian tidak bergerak benar-benar maka mengisyaratkan gulungan mesin pompa air telah hancur maupun terbakar.

Pengujian dengan cara fisik kepada gulungan mesin pompa air dengan cara fisik cukup hanya membedah ksing mesin pompa airnya dahulu lalu melihat kepada gulungannya. Bila keadaan gulungannya gosong dan bau terbakar dapat ditegaskan mesin pompa air hancur kepada gulungannya. Untuk cara menangani mesin pompa air yang hancur kepada gulungannya cuma dapat dikerjakan dengan di spool kembali gulungan mesin pompa air.

Leave a Reply

Your email address will not be published.